Sabtu, 06 Oktober 2012


*Oleh Bernard Agapa.
Alpha Blondy lahir pada tanggal 1 Januari 1953 dengan nama kecilSeydou Kone di Dimbokro , Pantai Gading.  Alpha adalah seorang penyanyi Reggae yang cukup terkenal di dunia music Reggae. Dia sering bernyanyi terutama dalam bahasa aslinya Dioula , dan juga Prancis dan Inggris, dan kadang-kadang dalam bahasa Arab atau Ibrani . Kebanyakan liriknya menyampaikan sikap politik yang serius dan juga disisipi humor.  Secara khusus, ia menciptakan istilah democrature Perancis (yang setara bahasa Inggris adalah "democratatorship") untuk mengkritisi beberapa pemimpin Negara di Afrika.

Seydou Kone anak pertama dari 9 bersaudara, dia besarkan oleh neneknya, dibesarkan dalam apa yang dia digambarkan sebagai "di antara tua-tua", yang kemudian memiliki dampak besar pada karirnya. Pada tahun 1962, Alpha Blondy pergi untuk bergabung dengan ayahnya di Odienné , Liberia. di mana dia menghabiskan sepuluh tahun, menghadiri sekolah Sainte Elisabeth tinggi, dan terlibat dalam gerakan mahasiswa Pantai Gading. Di sini ia membentuk band. Tapi, hobi ini mempengaruhi sekolah dan Alpha Blondy diusir karena kehadiran yang buruk. kemudian  orang tuanya mengirim dia untuk belajar bahasa Inggris di Monrovia di negara tetangga Liberia pada tahun 1973. Dia menghabiskan tiga belas bulan di sana dan kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk meningkatkan bahasa Inggris-nya.

Pada tahun 1973 Seydou pindah ke New York (dan sekitar 6 bulan diTexas ), di mana ia menghadiri kuliah dan mengambil jurusan dalam bahasa Inggris, karena dia ingin menjadi guru bahasa Inggris. Dia harus bekerja paruh-waktu, dan kadang-kadang pada malam hari, dank arena itu sering sakit.



Di New York, ia bertemu Rastafarian untuk pertama kalinya, dan juga dapat melihat konser oleh Jamaika seniman seperti Burning Spear .
Pada saat ini ia sedang merekam musik Kristen tetapi tidak pernah berhenti menulis lagu sendiri. Akhirnya ia masuk ke berbagai goresan di New York dan kembali ke Pantai Gading , di mana ia masuk ke lebih kesulitan bahkan sampai ia bertemu dengan salah satu teman masa kecilnya, Fulgence Kassi, yang telah menjadi seorang produser televisi dicatat. Ini adalah awal karir yang sebenarnya sebagai penyanyi, dan ia mulai menggunakan nama 'Alpha Blondy'.

Setelah berbagai acara TV Kassi, Blondy merekam album solo pertamanya pada tahun 1982, berjudul 'Jah Glory'. Album ini adalah sukses besar dan kemudian akan menjadi simbol perlawanan karena lagu 'Brigadir Sabari', di mana Alpha mengkritik pelecehan oleh polisi. Beberapa ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, seperti Alpha sendiri telah melihat kekerasan polisi. Alpha Blondy menjadi bintang besar di Abidjan dengan anti-an Afrika sendiri tentang musik Reggae, menjadi di mata para penggemarnya 'Bob Marley Afrika'. Alpha Blondy adalah rohani, politik dan positif seperti Marley dirinya sendiri, dan bahkan merekam cover lagu Bob Marley 'Perang'. Dan dia tidak berhenti berkembang, dalam rangka untuk menjangkau lebih banyak orang dengan pesan, ia memilih untuk menyanyi dalam banyak bahasa: Inggris, Perancis, Baoule, dan bahasa sendiri asalnya - Dioula. Kemudian ia juga membawa instrumentasi baru untuk merek seperti reggae seperti bioladan cello .
Dengan cepat ketenaran Alpha Blondy menyebar ke Eropa. Menyusul keberhasilan sebuah EP berjudul "Rasta Poué" pergi dia ke Paris pada tahun 1984 untuk membuat album keduanya, 'Cocody Rock' dengan label Pathe Marconi. The Bob Marley Afrika 'perjalanan ke Pulau Jamaika dan mencatat judul lagu dari album ini dengan dukungan kelompok Marley:The Wailers.

Kembali ke rumah pada tahun 1985, Alpha pergi ke studio untuk merekam ' Apartheid adalah Nazisme '. Album ini lebih politis berkomitmen dari sebelumnya. Ini adalah panggilan untuk akhir Apartheiddan kebebasan untuk semua. Pada tahun 1986 Blondy dicatat "Yerusalem" di studio legendaris Tuf Gong di Jamaika, lagi dengan The Wailers menampilkan legendaris Bob Marley Bass Aston "Family Man" Barrett . Blondy mencoba untuk mempromosikan kesatuan antara agamaIslam , Yudaisme dan Kristen . Dia menarik argumen dan inspirasi dari beragam pengetahuan sendiri tentang Alkitab , yang Quran dan Taurat . Pada tahun yang sama, Blondy bernyanyi dalam bahasa Ibrani selama konser di Maroko . Pada titik ini ia tur terus menerus. album barunya 'Revolusi' memiliki lembut, suara ringan, ini adalah album dengan cello di instrumentasi, dan line-up termasuk veteran Pantai Gading penyanyiAicha Kone . Album ini juga termasuk "Jah Houphouët Parle", sebuah pidato panjang oleh presiden Pantai Gading hanya dengan mengalahkan paling minim di belakangnya.

Blondy menghabiskan tahun-tahun 1987-1989 memberikan konser dan merekam 'SOS Guerre Tribale' di Abidjan . Ini dipromosikan oleh Blondy dirinya sendiri sebelum ia menjauhkan diri dari Pathe Marconi pada tahap ini. Hal ini tidak menjadi sukses nyata, tetapi ini tidak akan berhenti Blondy dan pada tahun 1991 ia kembali ke Eropa untuk tur konser dan untuk merekam album terkenal: 'Masada' dengan bantuan legenda musik seperti Bocana Maïga dan Inggris reggae produser Denis Bovell. Album, dengan hit single nya 'Rendez Vous' sukses besar, dan kemudian, Blondy adalah untuk menerima pertamanya Gold Disc di Paris.
Pada awal 1993, dipakai keluar dari tur dunia, Blondy menyerah pada depresi dan dibawa ke sebuah lembaga untuk kejiwaan bantuan. Tapi seperti kesehatannya pulih ia merekam album 'Dieu' ('Allah'), di mana ia muncul lebih spiritual dan agama, pada trek seperti 'Heal Me', tentang penyakitnya dan pemulihan.
psikiatri perlakuan's Blondy terus tetapi, pada tanggal 10 Desember 1994, Blondy kembali dengan festival dalam memori akhir Houphouet Presiden , dan kemudian ia membuat comeback Eropa di sebuah konser storming di Le Zenith di Paris. Pada tahun 1996, Blondy merilis kompilasi hits dan kembali ke studio untuk merekam album 'Grand Bassam Sion', bernyanyi dalam enam bahasa; Malinke, Arab, Perancis, Inggris, Ashanti dan Wolof.
Setelah dua tahun lebih di Paris, Blondy kembali ke tanah airnya pada tahun 1998, dengan album baru 'Nabi'. Yakin label nya terlalu banyak terfokus pada pasar internasional, dia memutuskan untuk membuat label sendiri. Sejak itu Alpha telah mencatat album dan single, seperti: 'Yitzhak Rabin 'dalam memori dari Israel perdana menteri yang dibunuh pada tahun 1995 (ini disertai lagi tur melelahkan di Eropa), single 'Journaliste en Bahaya' dari nya album 'Elohim' pada tahun 2000.
Alpha Blondy merayakan 20 tahun sebagai artis rekaman, dengan merilis CD-nya "merci", pada tahun 2002 menampilkan Ophelie Winter dan Saian Supa Crew , yang membuatnya mendapatkan sebuah 2003 Nominasi Grammy Awards untuk "BEST REGGAE ALBUM". Namun karena situasi politik di negara asalnya dari Pantai Gading (Pantai Gading), ia tidak dapat secara pribadi menghadiri upacara penghargaan bergengsi di New York City. Dalam sebuah langkah belum pernah terjadi sebelumnya, Grammy Awards mengizinkannya untuk mengirimkan perwakilan di tempat kehormatan. [4] Pada tahun 2005 'Akwaba' telah dirilis. CD terakhirnya berjudul "Jah Kemenangan" dan dirilis Juli 2007. Ini fitur Sly Dunbar dan Robbie Shakespeare serta Tyrone Downie mantan Bob Marley dan The Wailers. "Kemenangan" adalah untuk menghormati kesepakatan damai yang dicapai dan dilaksanakan di negaranya pada Maret 2007.
Salah satu yang paling populer dan sukses lagu-lagunya adalah Allah ratanya sebe Y'é .
Baru-baru ini, 19 Juli 2009, Alpha Blondy dilakukan di New York Central Park sebelum kerumunan banyak asli Afrika, Jamaika, dan Amerika
13 Juni 2010, kerumunan besar itu diizinkan masuk ke sebuah konser Blondy di Pantai Gading untuk merayakan perdamaian dan persatuan negara, dan setidaknya 20 orang luka-luka yang kedua meninggal. [6]
27 Juni 2010, Alpha Blondy sedang menutup bertindak Parkpop, Den Haag, Belanda. Dia diganti Snoop Dogg dan Beenie Man.
Blondy juga pengaruh penting terhadap artis reggae lain Afrika sepertiIsmael Ishak .
Alpha Blondy lahir dari seorang ibu Muslim dan seorang ayah Kristen, dan diasuh oleh seorang nenek yang mengajarkan dia untuk mengasihi semua orang. Alpha Blondy hormat untuk semua agama dan spiritualitas ia berasal dari mereka dapat didengar pada lagu "Tuhan adalah Satu" atau "Yerusalem" dimana dia menyanyi untuk persatuan antara semua agama pada tahun 1986.
Alpha Blondy (Seydou Kone) bernama PBB Duta Besar Perdamaian untuk Pantai Gading pada tahun 2005. Dia membuat usaha besar untuk membawa solusi damai untuk negaranya divisi politik dan fisik yang merupakan hasil dari Kudeta mencoba pada tahun 2001. Pada Maret 2007 perjanjian damai ditandatangani dan dilaksanakan, karena kerja keras dari banyak orang, termasuk Alpha Blondy. Alpha sekarang mencapai lebih jauh dengan menciptakan Tidak baru-Laba, Non Pemerintah, Non Politik, Yayasan Amal, Alpha Blondy Jah Glory Foundation , yang sengaja dan sengaja bekerja untuk mengakhiri ketidakadilan sosial dan kemiskinan orang generasi dengan memberikan alat-alat yang mereka butuhkan untuk membantu diri mereka sendiri. Dia sangat percaya dalam membantu orang miskin (Jah Glory), dan juga bahwa seharusnya tidak ada salahnya untuk anak. Yayasan berusaha untuk membuat dan menerapkan program akar rumput di tingkat desa seperti-Diri Perempuan Kecukupan Micro Loan Program, untuk mengajar perempuan yang merawat anak yatim beberapa bagaimana memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri, untuk lebih memberikan bagi keluarga mereka, serta proyek-proyek berkelanjutan lainnya, seperti Tafari-Kejadian Retreat Camp untuk Anak (Pantai Gading dan Burkina Faso ). Hal ini terutama harapan untuk membawa sukacita dan harapan kepada anak-anak yang telah terpengaruh oleh perang sipil, Tentara Anak Mantan, dan mereka yang menderita penyakit yang mengancam kehidupan kronis, seperti anemia sel sabit, malaria, asma, dll
Berbicara tentang Alpha Blondy, biasanya orang berpikir musik dan memang sejak 1980 ia telah menulis sedikitnya 17 album dan 194 judul. Hal ini sendiri menunjukkan nilai yang besar ia mewakili untuk para penggemarnya. Alpha tidak lagi merupakan bintang Pantai Gading tetapi sebuah Star International Mega karena perjuangannya untuk perdamaian dan persatuan di seluruh dunia. Salah satu contoh adalah single "Who Are You" dengan Ophelie Winter terhadap ranjau anti-personil . Dia juga berpartisipasi di banyak kemanusiaan dan konser amal, seperti konser di Senegal Maret 2006 untuk pemberantasan Malaria di Afrika (di mana ia muncul bersama dengan selebriti lainnya). Dia telah melakukan banyak, banyak lagi jenis ini bekerja di Pantai Gading sendiri, terutama pada konser tahunan gratis di pantai Bassam disebut "festa".  
Keberhasilan pertamanya adalah Brigadir Sabari. Beberapa lagu representatif:
  • Allah ratanya sebe Y'e
  • Jah Glory - di mana ia bernyanyi melawan kemiskinan
  • Apartheid adalah Nazisme
  • Brigadir Sabari - lyrics satir tentang kebrutalan polisi .
  • Cocody Rock - telah menjadi Alpha Blondy lagu, yang semua orang tahu dan menyanyi
  • Guerre Civile - tentang perang saudara
  • Yerusalem - panggilan untuk perdamaian di Israel. Lirik dimulai dengan doa Ibrani dalam bahasa Ibrani
  • Journalistes en bahaya - tentang pembunuhan Norbert Zongo
  • Politiqui - tentang sipil / alternance pemerintah militer
  • Yitzhak Rabin - yang ditulis pada tahun 1995, setelah pembunuhan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin , dan berdedikasi kepadanya.
  • Sweet Fanta Diallo
  • Tere
  • Blesser
  • Rasta Poué

Daftar Albumnya - ALPHA BLONDY

1980

Album / Dirilis
Track List
Catatan

Jah Glory! (1983)
  1. "Jah Glory"
  2. "The End"
  3. "Bebi Yêrê YE"
  4. "Bintou itu-itu"
  5. "Brigadir Sabari"
  6. "Dou Nougnan" 

menampilkan The Pemberontak Natty

Cocody Rock! (1984)
  1. "Cocody Rock"
  2. "Tere"
  3. "Super Powers"
  4. "Antar Revolusi"
  5. "Fangan Kameleba"
  6. "Bory Samory" 


Apartheid Apakah Nazisme (1985)
  1. "Afriki"
  2. "Jah Houphouet"
  3. "Apartheid Apakah Nazisme"
  4. "Idjidja"
  5. "Sahel"
  6. "Y'e ratanya sebe Allah"
  7. "Kiti"
  8. "Datang Kembali Yesus"
  9. "Djinamory" 


Yerusalem (1986)
  1. "Yerusalem"
  2. "Politiqui"
  3. "Bloodshed Di Afrika"
  4. "I Love Paris"
  5. "Kalachnikov Cinta"
  6. "C'est Travailler ada gunanya Dur"
  7. "Miva"
  8. "Boulevard De La Mort"
  9. "Dji" 

menampilkan Wailers Band

Revolusi (1987)
  1. "Sweet Fanta Diallo"
  2. "Blesser"
  3. "Jah Houphouet Parle Boigny Nous"
  4. "Rock And Roll Remedy"
  5. "Waktu"
  6. "Pemilihan Koutcha"
  7. "Miri" 

menampilkan Tata Surya

Rasta Poué (1988)
  1. "Rasta Poué"
  2. "Bintou itu-itu"
  3. "Jah Glory"
  4. "Dou Nougnan"
  5. "Brigadir Sabari"
  6. "The End"
  7. "Bebi Yêrê YE"
  8. "Rasta Fou" 


Para nabi (1989)
  1. "Nabi (Allah Léka Netchi)"
  2. "Banana"
  3. "Coup D'etat"
  4. "Kolombaria"
  5. "Face To Face"
  6. "Black Men Tears"
  7. "Corinthiens"
  8. "Jah Music" 

menampilkan Tata Surya


Album / Dirilis Track List Masada (1992) 
menampilkan Tata Surya
  1. "Masada"
  2. "Multipartisme (Mediocratie)"
  3. "Rendez-vous"
  4. "Allah Itu Satu"
  5. "Yeye"
  6. "Desert Storm"
  7. "Houphouet Yako"
  8. "Perdamaian Di Liberia"
  9. "Papa Bakoye"
  10. "Les Chiens"
  11. "Ilmu Sans Hati Nurani"
  12. "Fulgence Kassy"
  13. "Aku Ca Fait Mal Si"
  14. "Pindahkan Mystic Night"
SOS Guerre Tribale (1993)
  1. "Babylone kele"
  2. "Yagba Dimensi"
  3. "Cisse Kiri"
  4. "Café Kakao"
  5. "Sida Dalam Kota"
  6. "Veto De Dieu"
Live Au Zenith (Paris) (1993)
  1. "Intro: Houphouët Jah Parle Boigny Nous"
  2. "Psaume 23"
  3. "Yerusalem"
  4. "Masada"
  5. "Politiqui"
  6. "Cocody Rock"
  7. "Multipartisme (Médiocratie)"
  8. "Allah Itu Satu"
  9. "Dji"
  10. "Datang Kembali Yesus"
  11. "Berkah"
Dieu (1994) 
menampilkan Tata Surya
  1. "Apakah Kejahatan Aborsi A"
  2. "Dieu"
  3. "Wild Time"
  4. "Amour Papier Longueur"
  5. "La Guerre (d'après" Perang "de Bob Marley & The Wailers ) "
  6. "Mon Père Avait Raison"
  7. "Rocking Time"
  8. "Heal Me"
  9. "Goree (Senegal)"
  10. "Afrique-Antillen"
  11. "Soukeina (Nangnele)"
  12. "Dos Au Mur"
Grand Bassam Sion Rock (1996) 
menampilkan Tata Surya
  1. "Ragga Gangstar"
  2. "Alpha Kaya"
  3. "Sion Cinta"
  4. "Kursus Au Pouvoir"
  5. "Ya Fohi"
  6. "Valérie"
  7. "Grand Bassam"
  8. "Mo"
  9. "Cheik Amadou Bamba"
  10. "Sefon Dance"
  11. "Unité Nationale"
  12. "Diam Houphouët D'atau"
  13. "N'kabourou"
  14. "Mystere naturel"
The Best Of (Alpha Blondy album) (1997)
  1. "Cocody Rock"
  2. "Apartheid Apakah Nazisme"
  3. "Datang Kembali Yesus"
  4. "Yerusalem"
  5. "Politiqui"
  6. "Sweet Fanta Diallo"
  7. "Banana"
  8. "Café Kakao"
  9. "Masada"
  10. "Rendez-vous"
  11. "Yeye"
  12. "Fulgence Kassy"
  13. "Amour Papier Longueur"
  14. "Rendez-vous (Cool Summer Mix)"
Yitzhak Rabin (1998) 
menampilkan Tata Surya
  1. "Fajar Baru"
  2. "Yitzhak Rabin"
  3. "Assinie Mafia"
  4. "Les imbesil"
  5. "Armée Francaise"
  6. "Munafik"
  7. "Guerre Civile"
  8. "Saraka"
  9. "Les Larmes De Theresia"
  10. "Lalogo"
  11. "Bakoroni"
  12. "Maimouna"
Elohim (1999)
  1. "Les Voleurs De La Republique"
  2. "Monin"
  3. "Journalistes En Bahaya (Democrature)"
  4. "Waikiki Rock"
  5. "Ketika saya Perlu Kamu"
  6. "Ambil Tidak Tahanan (kanibalistik)"
  7. "Petini Go Gaou"
  8. "Sabotase"
  9. "De Lune MIEL (Honeymoon)"
  10. "Haridjinan"
  11. "La Queu Du Diable"
  12. "Dictature"
  13. "Djeneba"
  14. "Black Samourai"

2000

Album / Dirilis
Track List

Paris Bercy (2001)
  • CD 1
  1. "Intro"
  2. "Fajar Baru"
  3. "Munafik"
  4. "Jah Glory"
  5. "La Antrian Du Diable"
  6. "Black Samourai"
  7. "Samala"
  8. "Sweet Fanta Diallo"
  9. "Assinie Mafia"
  10. "Guerre Civile"
  11. "Las Iarmes De Thérèse"
  12. "Perdamaian Di Liberia"
  • CD 2
  1. "Les imbesil"
  2. "Unité Nationale"
  3. "Medley: Afriki / Bintou / Idjidja / Samory / Rasta Poué"
  4. "Haridjinan"
  5. "Journalistes En Bahaya"
  6. "Dou Nougnan"
  7. "Tere"
  8. "Brigadir Sabari" 

Merci (2002)
  1. "Wari"
  2. "Siapa Anda"
  3. "Quitte Dans Ca"
  4. "Souroukou Logo"
  5. "God Bless Afrika"
  6. "Zoukéfiez-moi ca"
  7. "Ato Afri Loué"
  8. "Politruc"
  9. "Hei Jack"
  10. "Vanité"
  11. "Si Pada Dit M'avait"
  12. "Le Feu" 

Akwaba: The Very Best Of(2005)

menampilkan Tata Surya 
  1. "Sweet (Mix)"
  2. "Brigadir Sabari"
  3. "Yana De Fohi"
  4. "Apartheid Apakah Nazisme"
  5. "Rock Cocody (Remix)"
  6. "Yerusalem"
  7. "Poyo Banana (Mix)"
  8. "Black Samourai"
  9. "Rasta Poué"
  10. "C'est Travailler ada gunanya Dur"
  11. "Rendez-vous (Cool Summer Mix)"
  12. "Assinie Mafia"
  13. "Masada"
  14. "Wari"
  15. "Young Guns"
  16. "Sweet Fanta Diallo"

Jah Victory (2007)
  1. "Saya Berharap Kau Kembali"
  2. "Sankara"
  3. "Ranita"
  4. "Ne Tirez Pas Sur L'Ambulance"
  5. "Demain T'Appartient"
  6. "Bahia"
  7. "Mister Grande gueule"
  8. "Afrika Yako"
  9. "Kamerun"
  10. "Jah Light"
  11. "Le Bal Des Combattus"
  12. "Tampiri"
  13. "Les Salauds"
  14. "Penjualan Racistes"
  15. "Ikafo"
  16. "Yesus"
  17. "Gban-gban"
  18. "La Planete"
  19. "La Route De La Paix"

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Kedai Reggae

GENERATION OF REGGAE Saling Merangkul Bukan Memukul follow :@RRK_Kebumen